Ridha Seluruh Manusia Adalah Tujuan Yang Tidak Mungkin Tercapai

Ada seseorang yang berkata kepada al-Imam Hasan al-Bashri rahimahullah,

"Sesungguhnya manusia mendatangi majelis Anda untuk mengambil ucapan Anda yang salah sehingga mereka bisa mendapatkan senjata untuk mencela Anda."

Maka beliau menjawab:

هَوِّنْ عَلَيْكَ فَإِنِّي أَطْمَعْتُ نَفْسِي فِي جِوَارِ الله فَطَمِعَتْ، وَأَطْمَعْتُ نَفْسِي فِي الْجِنَانِ فَطَمِعَتْ، وَأَطْمَعْتُ نَفْسِي فِي الْحُورِ الْعِينِ فَطَمِعَتْ، وَأَطْمَعْتُ نَفْسِي فِي السَّلَامَةِ مِنَ النَّاسِ، فَلَمْ أَجِدْ إِلَى ذَلِكَ سَبِيلًا، إِنِّي لَمَّا رَأَيْتُ النَّاسَ لَا يَرْضَوْنَ عَنْ خَالِقِهِمْ عَلِمْتُ أَنَّهُمْ لَا يَرْضَوْنَ عَنْ مَخْلُوقٍ مِثْلِهِمْ

"Jangan dianggap berat, karena sesungguhnya aku berusaha menjadikan diriku menginginkan kedekatan dengan Allah maka diriku pun menginginkannya. Aku berusaha menjadikan diriku menginginkan surga maka diriku pun menginginkannya.

Demikian pula aku berusaha menjadikan diriku menginginkan bidadari maka diriku pun menginginkannya.

Namun, aku berusaha menjadikan diriku menginginkan selamat dari celaan manusia, namun aku tidak mendapatkan jalan untuk meraihnya.

Oleh karena itu, tatkala aku melihat manusia saja tidak ridha kepada pencipta mereka (firman Allah yang sempurna kebenaran dan keadilannya), akupun yakin bahwa mereka tidak akan mungkin ridha kepada makhluk semisal mereka (yang penuh kekurangan dan tempatnya salah dan lupa)."

Az-Zuhd al-Kabir Lil Baihaqiy no. 180

Sumber: Az-Zuhd al-Kabir Lil Baihaqiy

link artikel: https://an.nahl36.com/article/426

Posting Komentar untuk "Ridha Seluruh Manusia Adalah Tujuan Yang Tidak Mungkin Tercapai"